Loading...

Follow Indofood | Indonesian Recipes on Feedspot

Continue with Google
Continue with Facebook
or

Valid

From all popular treatments to fight the head chill, a bowl of hearty chicken soup must be the winner's hands. The spread of that is the belief in the healing power of Chicken Soup "Jewish penicillin"-that scientists have actually taken in the laboratory for testing.

One of these studies, conducted in 2000 by Dr. Steven Raynard (Lung expert from Nebraska), found the characteristics anti-inflammatory of many ingredients of chicken soup that helped me relieve the symptoms of the cold by reducing congestion.

While these studies cannot be considered conclusive, they add weight to the demands of grandmothers over the centuries.

At least for those who suffer from cold, the soup provides moisturizing and also contains nutrient ingredients that are good cooked next easy to digest. Chicken soup, however, has an extra benefit. Chicken protein provides a abundant source of cysteine-chemically amino acid similar to the medication known as acetylcyrine, which can be clearly mucus.

A bowl of chickens is properly prepared and will also contain gelatin extracted from collagen in chickens. Gelatin exutes The velvety fabric and adds a rich flavor to the base of the stock. It is also a source of hydrogens; compounds that attract gastric juices and stimulate digestion.

Here are some other ways to add enhanced immunity to chicken soup:
A pinch of turmeric adds to claims related to the enhancement of immunity from chicken soup.

Garlic

In traditional herbal medicine, garlic is used to prevent and treat colds, flu, cough and parasite ejection. The Alsinine compound is the main biologically active ingredient of garlic and is largely responsible for its antibacterial activity. It becomes active when the garlic is crushed or chewed and the alsinine compound is exposed to the Yinaz enzyme. For this reason, garlic is the best consumed fresh, with minimal cooking. Finely cut or put through a garlic press will help to achieve its full spectrum of benefits.

Ginger

Ginger contains a number of immune enhancement features that can add an extra kick to your bowl of soup. Jendrasa, which is based in fresh ginger, includes anti-inflammatory and anti bacterial properties that can restrain the symptoms associated with colds. Fresh Ginger also has a unique ability-which means that it can create heat throughout the body, as well as sweating, which often provides relief after the onset of the cold.

Turmerich

Turmeric is a public immune system reinforced by its high antioxidant capacity. Recent research also suggests that it possesses strong anti-inflammatory properties that can help reduce the symptoms associated with colds and flu. Tormirich also contains a unique immunoglobulin catalyst, which can help in the process of healing the body.

A note about chickens.

Find a free bird range that is fairly small in size. Smaller birds contain more skin, bone and connective tissue, which will lead to richer broth with more flavor. There are a few extra chicken feet, some necks or even some small planks will also add to the mouth rich jelly feel.

Ingredients

  • Half of chicken or 2 thighs of chicken meat
  • 2 boiled eggs, peeled and quartered
  • 2 potatoes, thinly sliced and fried to make crisps potatoes
  • 2 cm Galangal (Laos/Lengkuas) or 1 tsp of Galangal powder
  • 1 Lemon Grass (Sereh/Serai), chopped or 2 tsp of Lemon grass powder
  • Salt to taste or 1 block/cube chicken seasoning mixture/chicken bouillon (Maggi or Knorr block)
  • Pepper to taste
  • 3 cloves of garlic, thinly sliced and fried to give more taste
  • 2 Celery leafs, sliced
  • 1 Lime
  • 1 Spring onion, finally chopped (optional)
  • Fried Shallots to garnish
  • 5 cups water
  • Poyah

Spice Paste :
  • 3 Shallots
  • 4 cloves of Garlic
  • 1 cm of fresh Ginger
  • 2 tsp of Turmeric
  • 5 Candlenuts (Kemiri), or substitute with 6 Almonds

Directions

  1. Simmer chicken in water until tender.
  2. Heat 1 Tbs. vegetable oil in a wok with medium heat; stir fry the paste for a minute or two until fragrant.
  3. Then put lemongrass, galangal, pepper, salt and the fried paste into the chicken stock. Cook covered over medium heat for 25 minutes. Meanwhile, add the celery leafs and the fried garlic (crushed it into small pieces). Turn off the heating and let the chicken inside for about 15 minutes to absorb the flavour. Take the chicken out and let it cool off. Then fried a bit to make it a bit crunchy. When it's cool off, remove the meat from its bones and thinly slice it into bite-size pieces and discard the bones.
  4. To serve, you can do in 2 ways, either :
  5. put the Soto into individual soup bowls. Add some of the shredded chicken and eggs, top with crisps potatoes and garnish with poyah and fried shallots. Eat it with plain rice (nasi putih). Serve with sambal soto if you like it spicy.
  6. Prepare plain rice (nasi putih) in plate, then chicken, cabbage or soya bean (if you like), crisps potatoes and eggs. Then pour with hot chicken broth from soto and squeeze it with lime juice. And top add poyah and fried shallots.
  7. Poyah is a powder made from shrimp cracker (krupuk udang), blend together with fried garlic and a pinch of salt. You can make it by yourself.

Read Full Article
  • Show original
  • .
  • Share
  • .
  • Favorite
  • .
  • Email
  • .
  • Add Tags 

Mungkin Bunda Capin udah pada tahu dan udah biasa ya membuat “Telur Bumbu Acar Kuning” karena jenis lauk ini sudah biasa disediakan di warung makan tradisional bahkan sudah masuk ke dalam jenis resep masakan resto juga karena memang saat ini sudah banyak restoran yang menyediakan masakan ini terutama di daerah Jawa.

Tapi tidak ada salahnya juga Bunda Capin kalo resep masakan tradisional Telur Bumbu Acar Kuning saya posting kembali untuk sekedar memberi tahu para ibu muda yang mungkin baru saja mengenal jenis masakan ini.

Yuk langsung saja menuju ke dapur untuk mempersiapkan bumbu serta bahan cara membuat telur bumbu acar kuning



Bahan:

  • 8 butir telur ayam rebus lalu di kupas
  • 1 putih telur untuk celupan
  • 50 gram tepung goreng bumbu (Tersedia di warung warung)
  • Minyak untuk menggoreng dan menumis secukupnya
  • 20 buah cabe rawit merah utuh
  • 20 butir bawang merah utuh
  • 150 ml santan cair
  • 50 gram wortel potong kecil seukuran korek api
  • 50 gram kembang kol
  • 1 sdt cuka


Bumbu yang di haluskan:

  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah kemiri
  • 1 ruas jari kunyit bakar sebentar
  • 1 cm jahe
  • 1sdt garam
  • 1sdm gula pasir


CARA MEMBUAT:

  1. Masukan telur rebus kedalam putih telur lalu gulingkan di atas tepung berbumbu.
  2. Goreng dalam minyak panas sampai kuning angkat lalu tiriskan
  3. Panaskan 3 sendok minyak untuk menumis bumbu halus
  4. Masukan rawit dan bawang merah utuh sampai harum kemudian tuang santan cair dan masak hingga matang
  5. Masukan wortel dan kembang kol aduk dan masak sampai sayur layu
  6. Tambahkan cuka aduk rata dan angkat.
  7. Belah telur menjadi dua lalu siramkan kuahnya.
  8. Telur bumbu acar kuning siap di sajikan.

Semoga resep sederhana membuat Telur Bumbu Acar Kuning bermanfaat kepada pengunjung setia situs Indonesian Recipe terutama para ibu muda yang baru saja mengenal resep masakan tradisional Telur Bumbu Acar Kuning ini.

Bunda Capin, sekiranya tulisan ini bermanfaat silahkan share kepada teman, atau sodara Anda agar makin banyak yang tahu resep indonesian tradisional cooking ini. Terima kasih
Read Full Article
  • Show original
  • .
  • Share
  • .
  • Favorite
  • .
  • Email
  • .
  • Add Tags 
Ayam Bakar Pedas Manis. Gak biasanya nih Bunda, baru jam 1 dini hari kok udah bangun, biasanya bangun malam jam 02.30 atau mendekati waktu tarhim pas banget untuk melakukan sholat tahajjud. Karena udah terlanjur bangun yah akhirnya disempetin tahajjudan dulu Bunda, Cuma habis sholat kok mata masih belum ngantuk juga, yah akhirnya iseng-iseng buka laptop dan nulis resep ayam bakar pedas manis yang aku buat tadi sore.


Maaf ya Bunda kalo bahasannya amburadul, abis bukan penulis dan masih terkena hawa bantal guling yang baru aja menemani tidurku hari ini.

Yups, langsung aja siapkan bahan-bahannya Bunda, eits ini kan masih pagi ya? OK deh buatnya besok juga gak papa buat sarapan atau makan siang juga bisa.



Ayam Bakar Pedas Manis
Bahan-bahan

  • ½ kg ayam (potong sesuai selera)
  • Jeruk nipis
  • Jeruk limau
  • 3 sdm kecap manis
  • Daun salam 1 lembar
  • Serai 1 geprek
  • 3 gelas air

Bumbu halus

  • 5 butir bawang putih
  • Jahe satu ruas jari
  • Kunyit satu ruas jari
  • 10 butir cabe rawit (sesuai selera)
  • 5 butir cabe merah
  • Ketumbar bubuk secukupnya

Cara buat

  1. Bersihkan ayam lalu beri perasan air jeruk nipis diamkan 30 mnit
  2. Tumis bumbu halus, daun salam dan serai sampai harum lalu masukan kecap manis, aduk sebentar.
  3. Masukan ayam aduk-aduk sampe bumbu meresap, tambahkan air biarkan air menyusut dgn sesekali diaduk.
  4. Kalo sudah menyusut airnya angkat.dan panggang ayam di teflon anti lengket sampe kecoklatan.
  5. Angkat sajikan dgn perasan jeruk limau Bunda...

Ayam bakar pedas manis ini sangat nikmat bila disajikan untuk dijadikan lauk nasi hangat dan ditambah dengan lalapan dan sambal.

Selamat menikmati resep masakan bunda lezat hanya di situs Indonesian Recipes ato Indonesian Cooking.
Read Full Article
  • Show original
  • .
  • Share
  • .
  • Favorite
  • .
  • Email
  • .
  • Add Tags 
Bolu kukus Tiramisu - Sekarang ini jajanan banyak sekali macamnya dari makanan kecil yang sudah terkemas rapi keluaran pabrik sampai dengan makanan tradisional seperti bolu kukus. Dulu ketika saya masih kanak-kanak jajanan kue bolu sangat digemari oleh anak-anak seusia waktu itu. Dan sampai sekarang saya masih suka dengan bolu kukus, bedanya bolu kukus jaman dulu bentuknya itu-itu saja. Tapi dijaman teknologi yang sudah berkembang pesat ini jajanan seperti bolu kukus juga mengikuti alur perkembangan jaman, buktinya sekarang bolu kukus sudah semakin beraneka bentuk dan rasanya.


Seperti resep makanan yang akan saya bagi kepada sahabat pengunjung situs Indonesian Recipe, yaitu bolu kukus tiramisu. Yuk langsung cek aja Bunda CaPin…

Resep Mudah Bolu Kukus Tiramisu

Bahan-bahan:
  • 4 telur
  • 10 sdm terigu
  • 13 sdm gula pasir
  • ½ sdt SP
  • 5 sdm mentega cair
  • Air secukupnya
  • 1 sachet vanili bubuk
  • 2 sachet skm putih
  • 1 sachet skm coklat
  • 1 sachet white coffe
  • 3 sdm maizena
  • 1 sdm coklat bubuk


Cara Membuat:
  1. Mixer gula, sp, telur, vanili sampai mengembang sekitar 20 menit
  2. Masukan terigu, air, mentega cair, skm putih dan maizena kocok hingga tercampur rata
  3. Bagi adonan menjadi 3 bagian
  4. Adonan pertama campurkan dgn 1 bungkus white coffe dan aduk hingga rata
  5. Adonan ke dua campurkan dgn skm coklat dan coklat bubuk
  6. Adonan ke tiga biarkan alami
  7. Kukus adonan pertama selama 5 menit
  8. Kemudian kukus adonan terakhir selama 20 menit sampai matang jangan lupa tutup langseng di alasi serbet
Cantik ya Bunda setelah bolu kukusnya jadi, yuk Bunda CaPin kalo punya resep special bunda kirimkan ke situs www.indofood.ga sapa tahu resep special bunda akan bermanfaat.
Selamat Mencoba… !!
Read Full Article
  • Show original
  • .
  • Share
  • .
  • Favorite
  • .
  • Email
  • .
  • Add Tags 
Tahu Rambutan Isi Telur Puyuh - Sudah pernah makan tahu rambutan Bunda? Buat camilan sehat pas berkumpul bersama keluarga di sore hari kayaknya pas banget tuh. Ada sedikit rasa pedas, gurih, renyah berbaur jadi satu saat dikunyah, pas banget tuh rasanya.


Dengan bahan-bahan yang murah meriah ternyata masih bisa menikmati camilan sehat dan nikmat Bunda. Yuk kita coba lagi resep tahu rambutan isi telur puyuh:

Resep Tahu Rambutan :


Bahan:

  • 20 telur puyuh rebus
  • 3 tahu putih besar
  • 1 bungkus mie burung dara, remas
  • 2 batang daun bawang
  • 1 batang seledri

Bahan halus:

  • 3 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • Lada secukupnya
  • Garam dan gula secukupnya
  • 1 sdm tepung terigu

Cara membuat :

  1. Hancurkan tahu putih, peras dan campur dengan bahan lainnya
  2. Campurkan bumbu halusnya
  3. Ambil adonan tahu, bentuk bulat dan taruh telur puyuh di tengahnya
  4. Gulirkan pada mie yang sudah diremas, tekan2 hingga menempel lakukan sampai adonan habis
  5. Simpan di lemari es selama kurang lebih 30 menit
  6. Goreng dengan minyak yang banyak, gunakan api sedang saja
  7. Sajikan dengan saos tomat

Semoga Bunda CaPin suka dengan resep tahu rambutannya ya? Ayo dong berbagi Resep Masakan Bunda Istimewa lewat situs www.indofood.ga , sapa tahu resep yang Bunda bagikan banyak disuka oleh pengunjung situs ini lebih-lebih bisa bermanfaat untuk orang lain.
Read Full Article
  • Show original
  • .
  • Share
  • .
  • Favorite
  • .
  • Email
  • .
  • Add Tags 
Selamat siang Bunda CaPin, bertemu lagi dengan resep masakan tradisional di situs sederhana Indonesian Recipe.


Tema resep masakan kali ini masih seputar ikan Bunda CaPin, setelah kemaren aku sempatin posting resep Ikan Mujahir Sambel Kemangi yang pedasnya mantab ya Bunda. Untuk kali ini dirumah sudah saya siapkan ikan bandeng besar yang saya beli tadi pagi di pasar tradisional deket rumah. Resep ini aku dapat dari majalah Cooking ID yang aku temukan di tempat jual beli majalah-majalah bekas, eh pas melihat resep masakan berbahan dasar ikan bandeng ini kok jadi penasaran ingin coba. Resep Pucung Bandeng Pedas, bumbunya kaya sekali dengan rempah-rempah Bunda CaPin makanya aku semangat sekali untuk mencobanya.

Yuk Bunda kita coba sama-sama resep masakan tradisional Pucung Ikan Bandeng.

PUCUNG BANDENG PEDAS


Bahan-bahan:
  • Ikan bandeng 2 ekor
  • Kluwek ¼ kg
  • Daun bawang 2 batang
  • Daun salam

Bumbu yg dihaluskan:
  • Cabe rawit merah,
  • Cabe rawit ijo,
  • Kunyit setengah ruas jari,
  • Jahe seujung jari,
  • Bawang putih
  • Bawang merah.


Cara membuat:
  1. Ikan dibersihkan potong 3 lalu beri jeruk nipis.kluweknya dipecah ya bun ambil isinya sambil di coba karena kadang ada yg pahit.
  2. Bumbu dihaluskan jangan terlalu halus,masukan kluwek yg sudah dikupas dan tumbuk halus kemudian campurkan ke bumbu yang tadi dihaluskan.
  3. Tumis bumbu sampai harum lalu masukan 400ml air, setelah mendidih masukan daun salam dan ikan bandeng, biarkan sampai ikan matang supaya bumbu meresap.tradisional
  4. Tambahkan garam, penyedap rasa, daun bawang, dan sedikit cabe rawit, jangan lupa test rasa dulu ya Bunda CaPin. Kalo dirasa bumbu udah pas atau sudah sesuai selera angkat.
  5. Pucung bandeng siap untuk dinikmati bersama keluarga.

Bagaimana Bunda CaPin, mudah kan cara membuat Resep Tradisional Pucung Bandeng Pedas? Oh ya Bunda, setelah membaca resep masakan tradisional diatas silahkan baca juga, resep camilan sehat atau resep masakan lainnya di blog Indonesian Recipes hanya di www.indofood.ga. Bunda juga bisa membagikan Resep Masakan Tradisional Indonesia ini kepada sahabat atau kerabat melalui sosial media dengan cara KLIK tombol Facebook, Google+, Twitter yang ada di bawah artikel ini.

Bunda CaPin mempunyai Resep Masakan Nusantara yang unik dan mau dibagikan kepada pengunjung blog Indonesian Recipes ini? Kirim saja resep masakannya ke tombol di bawah ini..!

Yuk… buruan kirim Resep Masakan Bunda melalui tombol dibawah.


"SELAMAT MENCOBA"
Read Full Article
  • Show original
  • .
  • Share
  • .
  • Favorite
  • .
  • Email
  • .
  • Add Tags 
Ikan Mujahir Sambal Kemangi - Kebetulan tadi pagi dapat kiriman ikan mujahir dari tetangga sebelah lumayan banyak, jadi kayaknya hari ini dirumah seharian penuh makan dengan lauk ikan mujahir. Biar tidak bosan satu hari makan dengan lauk ikan mujahir, kayaknya akan nikmat kalo mujahirnya dimasak dengan rasa agak pedas, biar makannya semangat.


OK Bunda Cantik, Yuk kita masak ikan mujahir ini dengan masakan special Ikan Mujahir Sambal Kemangi. Kayaknya kalo ikan mujahir ini di masak sambal kemangi, rasa dan aromanya lebih menggoda untuk disantap biar gak bosan tuh menyantapnya.

Ikan Mujahir Sambal Kemangi


Bahan-bahan
  • 4 ekor ikan mujahir ukuran sedang
  • 6 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 10 biji cabe merah kriting
  • 1 buah tomat (agak besar)
  • Daun kemangi secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Gula, garam, dan penyedap secukupnya

Cara Memasak

  1. Cuci bersih ikan dan buang sisiknya lalu sayat-sayat
  2. Kalo udah beri garam secukupnya diamkan 10-15menit
  3. Siangi kemangi dari tangkainya
  4. Kalo udah panaskan minyak lalu goreng ikan jangan sampe terlalu kering
  5. Sambil goreng ikan, mari siapkan bumbu
  6. Ulek/haluskan semua bumbu sampe halus kecuali daun kemangi
  7. Kalo ikan dan bumbu udah siap
  8. Tumis bumbu sampe harum lalu tambahkan air kira ½ gelas belimbing, kecilkan api lalu beri bumbu seperti gula, garam dan penyedap biarkan dulu hingga air agak menyusut, cek rasa. Kalau dirasa udah pas masukan kemangi aduk-aduk sebentar,
  9. Terakhir masukan ikan mujahirnya aduk rata lalu angkat dan sajikan

Untuk menambah sedap dan nikmat ikan mujahir sambal kemangi bisa ditambahkan lalapan atau kerupuk dan makannya dengan nasi hangat.

OK Bunda, silahkan bagikan resep Ikan Mujahir Sambal Kemangi ini ke semua teman, sahabat atau kerabat Anda dengan mengKLIK tombol Facebook Twitter, Google+ atau Pinterest.

Semoga sajian resep masakan nusantara ini bermanfaat untuk Anda. Bunda juga bisa membaca resep makan ringan, resep kue basah, atau masakan sehat di website Cooking ID.
Read Full Article
  • Show original
  • .
  • Share
  • .
  • Favorite
  • .
  • Email
  • .
  • Add Tags 
Tiramisu Black Forest Cake
For the first time in many years we celebrated Christmas without family. During the last Christmas, we were either visit my parents in Malaysia or Mr J parents to visit the Netherlands to escape the European winter and soaked in the summer sunshine.


Our dear friends A Miss and Mr G were in a similar situation. She decided to host a Christmas lunch and invited us over for Christmas. I came up with the idea of making this "Black Forest Tiramisu" for lunch as both of them had lived in Germany for eight years before residents of Sydney.
The Black Forest (Schwarzwald) wooded mountain range in Baden-Württemberg, Southwestern Germany. The Rhine Valley is bordered to the West and South. We visited the region once on our way to Chamonix two years ago.

Black Forest, Germany
This version of the Black Forest of tiramisu is inspired by the "Black Forest Cake" that originated from this area, at least name and reputation. Known as Schwarzwälder kirshtorti (literally "Black Forest Cherry Torte") in German, and is made with Kirsch (cherry brandy) sour cherries, chocolate cake and cream.

Tiramisu Black Forest


Ingredients
  • 1 sponge chocolate cake (recipe below)
  • 1 cup strong espresso coffee
  • 2 tablespoons Kirsch
  • 2 eggs
  • 75 g caster sugar
  • 250 g (7 oz) mascarpone cheese
  • 300 ml double cream
  • 1 cup cherries, pitted and halved (soaked in 1/2 cup Kirsch for at least two hours or overnight) + more Cherry for garnish
  • Grated dark chocolate
  • Shaved dark chocolate for decoration

Method
  1. Blend espresso coffee with 2 tablespoons Kirsch.
  2. Drain cherries that have been soaked in Kirsch for two hours at least.
  3. Combine eggs and sugar in an electric mixer and whisk together until thick and light. The mixture should be thick enough to leave a mark on the surface.
  4. Development of almaskerboni cheese in a large bowl. Stir in a little of the egg mixture. Fold in the remaining egg mixture. The likes of double cream. Stir in cherries.
  5. Chocolate sponge cake cut to fit the size of the individual service or bowl glasses base great service.
  6. Line the bottom of the glass with a layer of chocolate sponge cake. Kirsch mixture and drizzle over sponge cake, espresso coffee, chocolate.
  7. Sprinkle a thick layer of dark chocolate, grated, then spoon almaskerboni mixture on top (3-4 tablespoons, enough to cover the chocolate sponge cake). Surface level.
  8. Repeat layers until you reach the top of the glass.
  9. Decorate with dark chocolate, grated. Cover and chill for 4 hours.
  10. Decorate with a few whole cherries and dark chocolate shaved before serving.

Chocolate sponge cake recipe

Ingredients
  • 75 g (2 1/2 oz) plain flour
  • 2 tbsp cocoa powder
  • 150 g (5) careful self-awareness
  • 6 eggs
  • 220 grams (7) sugar

Method
  1. Preheat oven to moderate 180 c (350F). Lightly grease a rectangular cake Tin (30 x 20 cm) and line the bases with baking paper. Dust in the cans with a little flour, shaking off any excess.
  2. Sift the flour together three times on oven paper. Beat eggs in large bowl with electric beaters for seven minutes, or until thick and pale. Add sugar gradually to eggs, beating well after each addition. Using a large metal spoon, quickly and gently fold in sifted flour and 2 tablespoons boiling water.
  3. Spread the mixture into the Tin and bake for 25 minutes, or until the sponge is shrinking slightly from the sides of the Tin. Leave a sponge in Tin for 5 minutes before turning into a wire rack to cool.
  4. Note: the secret of making perfect sponge folding technique. Make a hit, or using a wooden spoon, will cause loss of volume in the egg mixture and result in heavy flat cake. Sponge cake can be frozen for one month in a bag in the fridge. Thaw at room temperature for 20 minutes.
Read Full Article
  • Show original
  • .
  • Share
  • .
  • Favorite
  • .
  • Email
  • .
  • Add Tags 

Puding Mozaik, mendengar namanya aja mungkin sudah penasaran ingin tahu bagaimana rasanya, ya nggak Bunda Cantik? Apalagi melihat bentuknya pasti Bunda Cantik akan terpesona dan lebih penasaran lagi ingin mencicipinya. Namanya saja Puding Mozaik pastilah membuat orang yang melihatnya akan penasaran mencicipinya. Warnanya sangat menarik, seperti pelangi yang mempunyai warna-warna indah kalo rasanya pasti lah juga tidak kalah dengan bentuknya. Ingin mencoba membuatnya Bunda Cantik? Yuk kita persiapkan bahan-bahan dan semua peralatannya, sangat mudah kok Bunda Cantik.

Resep Puding Mozaik Cantik

Bahan :

  • 3 bungkus agar-agar powder bubuk putih
  • 1/2 kaleng susu kental manis
  • 12 gelas air
  • 350 gr gula pasir
  • Pewarna makanan pasta secukupnya ( biru, hijau, merah )
  • Garam secukupnya



Baca ini : Resep Membuat Roti Sobek Empuk dan Lezat

Cara membuatnya :

  1. Masak 1 bungkus agar agar dengan 4 gelas air, beri 50 gr gula.
  2. Aduk hingga mendidih.
  3. Siapkan mangkuk, beri masing masing pewarna pasta.
  4. Tuang agar agar kemangkuk yang telah diberi pewarna, biarkan beku. Potong dadu ± 1,5 cm, sisihkan.
  5. Masak sisa agar agar dengan 8 gelas air,tambahkan gula dan garam, aduk hingga mendidih dan angkat. Tuang susu kedalam agar agar yang telah matang, aduk hingga hangat kuku.
  6. Tuang kedalam cetakkan (sesuaikan selera), lalu susun puding warna kedalam puding susu, biarkan beku.
  7. Dinginkan dalam lemari pendingin, potong potong.
  8. Sajikan

Gimana Bunda Cantik, sudah selesai puding mozaiknya? Kalo sudah selesai saatnya mencoba rasanya. Eits… sebelum mencicipi Puding Mozaiknya alangkah baiknya kita berbagi dulu kepada sahabat Bunda Cantik yang setia mengunjung blog Indonesian Recipes di indofood.ga, caranya KLIK tombol Facebook, Google+ atau Twitter yang ada dibawah artikel ini.





Resep terkait : Cara Membuat Puding Pandan Lapis Jagung

Semoga Resep Membuat Puding Mozaik Cantik ini menginspirasi sahabat Bunda Cantik untuk membuat resep puding lumut atau yang lainnya dan mengeksplorasi resep masakan nusantara yang sangat banyak dan bervariasi. Selamat mencoba..!
Read Full Article
  • Show original
  • .
  • Share
  • .
  • Favorite
  • .
  • Email
  • .
  • Add Tags 

Aha… ketemu lagi dengan resep kami Bunda Cantik, Alhamdulillah selalu ada kiriman resep masakan dari teman-teman untuk diinformasikan lewat blog Indonesian Recipes. Walaupun blog ini terkesan sederhana semoga informasinya tetap bermanfaat buat pengunjung setia indofood.ga.

OK Bunda Cantik, langsung saja yuk kita menuju dapur untuk mempersiapkan semua bahan dan peralatan masak yang sekiranya akan kita butuhkan. Oh ya, enaknya kita hari ini masak apa ya Bunda Cantik? Kemaren kita kan sudah mencoba resep cara membuat puding pandan jagung manis ya, bagaimana kalau sekarang kita mencoba cara membuat Roti Sobek Empuk dan Lezat? Biar Bunda Cantik yang belum pernah mencoba bagaimana cara membuat Roti Sobek jadi tahu resep cara membuatnya. Kita sering sekali makan roti sobek beraneka rasa yang dijual ditoko roti tapi belum tahu cara membuatnya kan? Yuk kita mencoba membuat Roti Sobek Empuk dan Lezat.



Baca : Resep Membuat Puding Pandan Lapis Jagung

Cara Membuat Roti Sobek Empuk dan Lezat

Bahan :

  • 250 gr tep.terigu, ayak
  • 70 ml air hangat
  • 2 sdm mentega
  • 1/2 sdt garam
  • 1 butir telur
  • 1 sachet SKM

Bahan biang :

  • 50 ml air hangat
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt fermipan

Pelengkap isian

  • Coklat
  • Sarikaya
  • Vla
  • Selai nenas
  • Atau sesuai selera

Cara membuat :

  1. Campur jadi satu bahan biang, diamkan ± 15 menit, biarkan hingga berbusa dan mengembang.
  2. Campur terigu, air, telur, skm, tuang perlahan dan bertahap adonan biang, aduk rata. Tambahkan mentega dan garam, aduk rata kembali.
  3. Tutup adonan dan diamkan ± 60 menit atau hingga adonan mengembang.
  4. Bagi adonan menjadi 11 bagian atau sesuai selera, ambil satu bagian lalu isi dengan isian, bentuk bulat dan rapatkan hingga isian tak kelihatan. Lakukan hingga adonan habis.
  5. Susun diatas loyang yang telah diolesi margarine, diamkan kembali ± 60 menit.
  6. Panggang dalam oven dengan suhu 180° c ± 20 menit atau hingga matang, angkat dan olesi dengan margarine dicampur madu.
  7. Sajikan dengan teh/kopi hangat





Resep terkait : Membuat Kue Sus Crispy dan Lembut

Bagaimana Bunda Cantik, mudahkan Cara Membuat Roti Sobek Empuk dan Lezat? Bunda Cantik, juga bisa membaca resep masakan tradisional lainnya di blog Indonesian Recipes hanya di www.indofood.ga. Kalo Bunda Cantik ingin membagikan Resep Masakan Tradisional Indonesia ini kepada sahabat atau kerabat melalui media sosial silahkan KLIK aja tombol Facebook, Google+, Twitter yang ada di bawah artikel ini.

Atau Bunda Cantik mempunyai Resep Masakan Nusantara yang unik dan mau dibagikan kepada pengunjung blog Indonesian Recipes ini? Kirim saja resep masakannya ke tombol di bawah ini. GRATIS PULSA setiap bulan lho…!

Yuk… buruan Kirim Resep Masakan Bunda Cantik melalui tombol dibawah.


Read Full Article

Read for later

Articles marked as Favorite are saved for later viewing.
close
  • Show original
  • .
  • Share
  • .
  • Favorite
  • .
  • Email
  • .
  • Add Tags 

Separate tags by commas
To access this feature, please upgrade your account.
Start your free month
Free Preview